5 Frasa Dasar Bahasa Inggris


Semalam, di salah satu Coffee Shop yang jika disebut lidah seakan terlipat-lipat “Brew Brothers”, kami (Tari, Lelaki Bugis, saya) sempat berbincang-bincang sedikit tetang morfologi dan sintaksis. Walaupun diskusinya tergolong dadakan dan singkat tapi memberi saya ide untuk menuliskan bagian kecil dari Sintaksis dalam bahasa Inggris.

Oh iya… secara singkat sintaksis (syntax) adalah cabang dari linguistik yang membedah susunan kalimat dan bagiannya, biasa juga disebut Ilmu Nahu atau Gramatika. Sedangkan morfologi (morphology) adalah cabang dari lingustik yang mempelajari morfem dan kombinasinya atau sederhananya Ilmu bentuk kata.

Di tulisan ini saya akan berbagi pengetahuan sintaksis bahasa Inggris. Seperti penjelasan singkat di atas sintaksis adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan kalimat dan bagiannya, contohnya jenis-jenis kata, frasa, subjek, objek, kata kerja, keterangan dan bentuk kompleks lainnya. Untuk membahas semua bagian sintaksis, mungkin butuh lebih dari ratusan tulisan guna membahas satu per satu dengan segala keterbatasan pengetahuan saya. Sebagai perkenalan awal, saya akan berbagi 5 (lima) frasa dasar dalam bahasa Inggris yang sangat sering digunakan dalam bahasa lisan maupun tertulis.

  1. Noun Phrase (Frasa Kata Benda)

Mempelajari frasa dalam bahasa Inggris itu susah susah gampang karena ada beberapa gramatika Inggris hampir sama dengan bahasa Indonesia. Seperti pembentukan Noun Pharse (NP), gramatika Indonesia biasa menyebutnya frasa endosentris atau frasa yang memiliki pola Menjelaskan dan Dijelaskan. Dalam bahasa Inggris pun dikenal pola itu Modifier (menjelaskan) dan Head (dijelaskan) pada beberapa jenis frasa, salah satunya frasa kata benda ini.

Penjelasan sederhana pembentukan frasa ini yaitu pada posisi Head (dijelaskan) selalu dari jenis kata benda sedangkan Modifier (menjelaskan) bisa dari adjective (kata sifat), article (kata sandang), noun (kata benda). Untuk lebih jelas silahkan liat contoh di bawah:

noun-phrase

Contoh sederhana Noun Phrase

  1. Adjective Phrase (Frasa Kata Sifat)

Frasa ini masih sama dengan pola pada Noun Phrase yaitu pola Modifier (menjelaskan) dan Head (dijelaskan), perbedaannya hanya pada jenis kata yang mengisi kedua posisi di atas.

Pada Adjective Phrase (AP), jenis kata yang menjadi Head yaitu jenis kata sifat dan Modifiernya adalah kata keterangan atau adverb (adv). Tidak semua kata keterangan bisa menjelaskan kata sifat, hanya jenis kata keterangan yang menyatakan tingkatan bisa menjelaskan kata sifat dalam bahasa Inggris disebut Adverb of Degree. Beberapa contoh Adverb of Degree; very, too, extremely, enough, quite, etc.

Pada frasa ini ada dua pola kata yang digunakan, yang pertama adalah Modifier + Head dan yang kedua Head + Modifier. Untuk mudah membedakan penggunaan kedua pola ini kunci terletak pada kata “enough”. Ketika kata ini berada pada posisi modifier maka pola kedua (Head + Modifier) lah yang tepat penggunaannya, – hanya kata ini yang menggunakan pola kedua – selain kata “enough” maka pakailah pola pertama (Modifier + Head)

adjective-phrase

Dua pola sederhana Adjective Phrase

  1. Adverbial Phrase (Frasa Kata Keterangan)

Kita sudah tiba di frasa terakhir yang memiliki pola menjelaskan dan dijelaskan yaitu adverbial phrase (AVP). Pada umumnya frasa ini difungsikan sebagai kata keterangan dalam sebuah kalimat tetapi akan jarang anda temui dalam sebuah tulisan yang populer maupun ilmiah dalam bahasa Inggris.Ada dua persamaan Adjective Phrase (AP) dan Adverbial Phrase.

Pertama, pada posisi Modifier Adjective Phrase (AP) dan Adverbial Phrase (AVP) diisi oleh kata keterangan yang menyatakan tingkatan (adverb of degree) sedangkan Head nya pasti kata keterangan.

Kedua, memiliki dua pola yaitu Modifier + Head (M+H) dan Head + Modifier (H+M). Penggunaan dua pola ini hampir sama pada adjective phrase, yang membedakan hanya pada Head nya, pada AP pasti adjective sedangkan pada AVP yaitu adverb.

adverbial-phrase

Contoh pola Adverbial Phrase

  1. Prepositional Phrase (Frasa Kata Depan)

Frasa kata depan ini berbeda dengan pola frasa pada umumnya dalam bahasa Inggris. Dalam pembentukannya tidak berpola menjelaskan dan dijelaskan tapi memiliki aturan “apabila ada kata depan (preposition) maka wajib memiliki objek. Contoh kata depan dalam bahasa Indonesia; di depan (in front of), di belakang (behind), di atas (on), untuk (for), kepada (to), karena (because of), dsb.

Saya akan mengajukan pertanyaan kepada pembaca sekalian yang budiman, “Apabila kita menggunakan kata depan di atas dalam sebuah kalimat tanpa ada objek setelahnya, apakah maknanya akan jelas?” saya rasa kita sama-sama akan menjawab kurang lengkap, maka dari itu dalam pembentukan Prepositional Phrase (PP) setelah kata depan maka diikuti oleh objek yang akan melengkapi maknanya. Jadi polanya seperti ini Preposition + Object of Preposition.

pp

Contoh Prepositional Phrase dengan Objeknya

  1. Verb Phrase (Frasa Kata Kerja)

Verb, kata yang sudah tidak asing lagi bagi pembelajar bahasa Inggris. Dari pengalaman saya mengajar, ketika menyebut kata ini terlihat kening para pelajar membentuk kontur yang tidak karuan. Dan harus saya akui, memang satu kata ini bukan hanya membuat kening kita berkerut tetapi membuat kepala menjadi tegang seperti gunung berapi yang ingin memuntahkan lavanya.

Tapi untuk Verb Phrase, mungkin saja tidak akan membuat kita seperti itu karena frasa ini cukup sederhana. Jika pembaca budiman pernah membaca atau mendengar kata kerja utama dan kata kerja bantu, maka anda akan lebih mudah memahami frasa terakhir ini. Jadi Verb Phrase (VP) adalah frasa yang berpola Verb Auxiliary (kata kerja bantu) + Verb Ordinary (kata kerja utama). V Aux + V Ord.

verb-phrase

Verb Phrase dalam kalimat

Dan akhir kata saya ingin menyampaikan bahwa menjelaskan atau berbagi pengetahuan di kelas dengan bahasa lisan lebih mudah dibandingkan berbagi pengetahuan dengan bahasa tertulis (menulis). Dan yang terakhir adalah… ini postingan pertama saya terkait dengan keilmuan yang saya geluti hampir sembilan tahun, mudah-mudahan mudah dimengerti. ^_^

Tulisan diikutkan dalam #Tantangan5 #KMKepo kelaskepo.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s