Tokoh Utama Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans


Salah satu anime yang sangat saya sering mengangkat tema politik dan pertikaian antar komunitas di Bumi dan Luar Angkasa adalah film Gundam. Anime Gundam ini sudah memiliki lebih dari sepuluh seri yang mengangkat tokoh dan tema yang berbeda di setiap serinya. Seri gundam yang saya sempat saya saksikan sampai akhir yaitu Mobile Suit Gundam Wings yang tanyang pada tahun 1995-1996. Dan 4 Oktober 2015 melalui rumah produksi Sunrise seri Gundam terbaru diluncurkan Mobile Suit Gunda: Iron-Blooded Orphans dengan judul aslinya Kidou Senshi Gundam: Tekketsu no Orphans dilengkapi dengan terjemahan teks Ingris, Indonesia, dan Malaysia.

Untuk serial terbaru ini dikisahkan tentang konflik besar antara Bumi dan Mars setelah perang yang terjadi 300 tahun sebelumnya yang dikenal sebagai ‘Calamity War‘, atau Perang Bencana. Seorang perempuan bernama Kudelia Aina Bernstein, melakukan perjalanan ke Bumi agar bisa mewakili kemerdekaan kota Chryse di Mars, yang berada di bawah kendali pemerintahan bumi. Kota Chryse dijadikan sebagai sebuah kota buruh (pekerja paksa) yang sebagian banyak adalah anak-anak oleh pemerintah Bumi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kelaparan, kemiskinan, penindasan, kematian massal melanda kota ini. Dari alasan inilah perempuan muda bernama Kudelia Aina Bernstein berniat menuju Bumi menemui parlemen untuk memperjuangkan kemerdekaan Kota Chryse.

Untuk mencapai bumi, Kudelia harus menempuh perjalanan selama tiga bulan lamanya. Dia tidak bisa berangkat sendiri menuju Bumi, apalagi dia menjadi salah satu orang yang sangat dicari oleh pemerintah bumi untuk ditangkap atau dibunuh. Maka dia menyewa sebuah perusahaan keamanan swasta sebagai tentara pengamanan menuju Bumi. Awalanya nama perusahaan itu Chrsye Guard Security (CGS) yang dipimpin oleh orang dewasa mempekerjakan anak yatim piatu sebagai tentaranya (buruh), tetapi terguling karena kudeta yang dilakukan oleh oleh anak-anak ini dan berubah nama menjadi Tekkadan (bunga api). Saya akan memperkenalkan singkat siapa Kudelia Aina Bernstein dan  tokoh-tokoh yang menemani Kudelia menuju Bumi dan yang mereka hadapi.

  1. Kudelia Aina Bernstein

Perempuan muda yang besar dalam lingkungan keluarga kaya di Kota Chryse memulai perjuangannya untuk kemerdekaan kotanya ketika melihat linkungan dan penderitaan di jalan-jalan. Kelaparan, kemiskinan, penindasan yang dilakukan oleh pemerintah bumi memperkuat tegadnya untuk perjuangannya menuju parlemen bumi menyampaikan suara kemerdekaan Mars. Orang tuanya sangat menentang apa yang diperjuangkan oleh Kudelia karena masih menganggap Kudelia sangat muda untuk hal besar tersebut tetapi Kudelia tetap teguh pada keyakinanya.

Bersama Tekkadan, dia banyak belajar arti keluarga, kesetiaan, penderitaan, dan semangat berjuang sampai akhir. Dan yang sangat mengesankan yaitu Dia dan Tekkandan pun menjadi simbol perlawanan kaum tertindas di Mars dan Bumi.

mobile-suit-gundam-iron-blooded-orphans-kudelia-aina-bernstein

Sumber Gambar: mechacatalogue.com

  1. Mikazuki Augus

Seorang anak laki-laki yatim piatu anggota Chryse Guard Security (CGS) yang sering disapa Mika oleh temannya. Sepintas nampak cuek, namun pribadinya setia kawan. Besar di lingkungan yang sangat keras di Kota Chryse sebagai anak jalanan, untuk mendapatkan makanan setiap harinya dia harus membunuh atau dia akan terbunuh. Di usianya yang sangat belia harus bergabung Chryse Guard Security (CGS) sebagai tentara bayaran. Karena kemampuannya yang istimewa di terpilih menjadi pilot Mobile Suit kuno dari Calamity War bernama Gundam Berbatos, salah satu Gudam Frame yang sangat legendaris, bersama Berbatos dia menjadi tokoh utama dalam serial ini untuk melindungi misi Kudelia.

mikazuki-augus-anime-gundam-iron-blooded-orphans-wallpaper-hd

Sumber Gambar: mechacatalogue.com

  1. Orga Itsuka

Aktor dari kudeta Chryse Guard Security (CGS) merupakan sahabat dekat Mika, Mika sudah menganggapnya seperti saudara kandung. Orga yang menjaga Mika ketika hidup di jalan dan dia pun yang mengajak mika bergabung sebagai tentara bayaran. Setelah CGS terguling, Orga lah yang menjadi pemimpin dan memberi nama perusahaan Tekkadan. Sosoknya sangat mewakili seorang pemimpin yang tenang, penuh perhitungan dan matang dalam strategi perang dan juga sosok pengayom bagi seluruh anggota Tekkadan. Dia juga menganggap seluruh anggota Tekkadan sebagai keluarga bukan sebagai buruh atau anggotanya.

orga_itsuka_1200x750_shinhwalee_21472932

Sumber Gambar: mechacatalogue.com

 

  1. McGillis Faried

McGillis Faried, tokoh yang penuh misteri dan antagonis dalam film ini. Dia merupakan petinggi militer Pemerintah Bumi bernama Gjallarhorn, dan ayahnya merupakan Pemimpin Parlemen Bumi. Pria yang memiliki ambisi tinggi ini, ternyata merupakan aktor dari seluruh pertarungan politik yang terjadi antara Mars dan Bumi. Diam-diam dia mendukung apa yang diperjuangkan Kudelia untuk kemerdekaan Kota Chryse dan menggulingkan pemerintahan bumi yang dipegang oleh ayahnya sendiri dan mengambil alih kekuasaan tersebut.

ironbloodedorphans-00081

Sumber Gambar: mechacatalogue.com

  1. Gaelio Bauduin

Anggota Gjallahorn yang mengawal kunjungan McGillis ke Mars. Dia memiliki Mobile Suit (Robot Gundam) Scwalbe Graze yang dibuat khusus untuk dirinya. Gaelio besar di keluarga kaya yang mempunyai posisi penting di pemerintahan Bumi. Dia merupakan teman kecil dari McGillis. Untuk memperkuat pengaruhnya keluarganya di Bumi dan Mars, adik Gaelio ditunangkan dengan McGillis.

1030033395_bb626a6e_4e2b-s

Sumber Gambar: mechacatalogue.com

Gaelio tidak menyadari bahwa aktor dari pertarungan politik yang telah menelan ribuan korban antar Bumi dan Mars adalah McGillis. Dia baru menyadari ketika bertarung dengan salah satu Mobile Suit yang dipiloti oleh seseorang yang memakai topeng emas. Pertarungannya berlangsung sangat sengit dan Gaelio pun kalah. Sebelum nyawanya dihabisi, McGillis melepas topeng yang dia pakai dan Gaelio pun tahu, dia baru menyadari bahwa selama ini dia dijadikan bidak oleh McGillis.

Tulisan diikutkan dalam #Tantangan5 #KMKepo Kelas Menulis Kepo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s