5 Film Keren 2016


Tak terasa tinggal tiga hari kita mengakhiri tahun 2016 dan memulai tahun baru 2017. Di tahun yang akan kita tinggalkan beberapa hari lagi, cukup banyak rumah produksi dalam negeri dan mancanegara yang memproduksi film berbagai genre, dari action, adventure, biography, documentary, comedy, dan lainnya. Pada tulisan ini saya akan membagikan lima film yang keren (subjektif) di tahun 2016. Berikut deretan filmnya:

pele-birth-of-a-legend

Sumber Gambar: sinopsisfilm21.com

Pelé: Birth of a Legend

Film ini mengangkat kisah perjalanan hidup Pele di daerah pinggiran Brazil sampai dia menjadi pemain bola legendaris dunia asal Brazil. Sejak Pelé masih anak-anak, ia sudah akrab dengan dunia sepakbola. Pelé harus berjuang dari nol untuk bisa meraih kesuksesan seperti sekarang. Berbagai macam cara ia lakukan agar tetap bisa bermain sepakbola, Pelé kecil bahkan pernah menggunakan gumpalan kain dibentuk menjadi bola untuk dimainkan bersama teman-temannya. Namun semua kerja kerasnya terbayar ketika ia bermain untuk timnas Brazil sebagai pemain termuda, dan membawa timnas Brazil menjuarai Piala Dunia pada tahun 1958 untuk pertama kalinya.

Yang sangat menarik dari film ini karena mengangkat asal usul permainan samba yang sangat lekat dengan sepakbola Brazil. Dalam film ini memberikan kita pengetahuan bahwa samba itu bukan hanya sekadar teknik menggiring bola akan tetapi menyimbolkan sebuah perjuangan masyarakat asli Brazil ketika mereka dijajah. Samba merupakan turunan dari teknik bela diri ginga, teknik ini diajarkan kepada masyarakat untuk melawan penjajah, dan ketika Brazil merdeka teknik ini melebur menjadi budaya masyarakat Brazil, seperti dalam permainan sepakbola yang indah, gerak tarian, dan bela diri kapuera

uss-indianapolis

Sumber Gambar: wkrq.com

USS Indianapolis: Men of Courage

Film ” USS Indianapolis” ini sebuah kisah nyata tentang awak kapal USS Indianapolis yang terjebak di laut Filipina. Dikisahkan pada Juli 1945, kapal yang dinahkodai kapten McVay ditembak torpedo oleh kapal selam angkatan laut Jepang di laut pasifik selatan. Akibat peristiwa itu, ratusan awak kapal tewas dan McVay harus menjalani hukuman penjara selama puluhan tahun karena dianggap bersalah.

Kapal induk USS Indianapolis mempunyai misi yaitu mengantarkan bom atom (yang membumi hanguskan Hiroshima dan Nagazaki) secara diam-diam ke wilayah samudera Pasifik dan berhasil membawa bom ini. Namun dalam perjalanan pulang USS Indianapolis terkena torpedo pihak Jepang dan menenggelamkan kapal terbesar ini. Sialnya berita tentang tenggelammnya kapal induk USS Indianapolis tidak dipublikasikan karena misi yang diembannya sangat rahasia.

Jumlah kru yang ada dalam kapal itu sekitar 1196 kru, dan sekitar 300 orang tenggelam bersama kapal induk itu. Sementaa korban selamat terjebak di wilayah laut penuh ikan hiu di kawasan laut Filipina. Pada akhirnya dari sekitar 800 orang yang selamat, hanya 317 orang yang berhasil ke daratan dan diselamatkan oleh tentara Amerika.

maxresdefault

Sumber Gambar: hollywoodreporter.com

Before the Flood

September 2014, aktor kawakan Leonardo DiCaprio dinobatkan oleh Ban Ki-moon selaku  Sekjen PBB menjadi United Nation Massenger of Peace on Climate Change (Duta Damai PBB) yang khusus mengkampanyekan perubahan iklim. Terpilihnya Leo sebagai duta PBB mengharuskan dia mengelilingi semua benua (beberapa negara) yang memiliki peran penting – negara yang mengalami kerusakan lingkungan besar – terhadap perubahan iklim dunia yang disebabkan eksplorasi sumber energi fosil, penebangan dan kebakaran hutan . Perjalanan Leo ini diabadikan oleh National Geographic bekerja sama dengan Ratpac Documentary Films menjadi sebuah film dokumenter yang berjudul Before the Flood.

Di akhir film, Leo menyampaikan temuannya setelah berkeliling beberapa negara di kota New York pada acara Paris Climate Accord Signing yang dihadiri oleh seluruh anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam acara ini semua negara anggota PBB menyetujui isu perubahan iklim merupakan isu bersama dan harus ditanggapi secepat mungkin di setiap negara seperti pengalihan sumber energi fosil ke sumber energi terbarukan dan pengawasan ketat terhadap perusahan industri.

Baca Tulisan Lain: Before the Flood

 

454037-athirah

Sumber Gambar: daenggassing.com

Athirah

Sebuah film drama biopic ini  disutradarai Riri Reza dengan produser Mira Lesmana mengisahkan perjalanan hidup Ibunda Yusuf Kalla bernama Athirah. Film ini diadopsi dari Novel Athirah karya Albertheine Endah. Dengan tangan piawainya Riri berhasil menyajikan sebuah film yang tidak hanya bercerita tentang budaya masyarakat Bugis tetapi juga menampilkan karakter perempuan Bugis ketika menghadapi permasalah dalam keluarganya dan ketika dia dimadu oleh suaminya.
Film ini juga minim narasi tetapi musikalitas membuatnya lebih berisi, kata seorang teman, inilah ciri film garapan dari Riri Reza. Dan film ini terbukti sebagai salah satu film terbaik Indonesia tahun 2016 ketika memenangkan enam Piala Citra di Film Festival Indonesia (FFI).

 

uang-panai-head-640x323

Sumber Gambar: berita-sulsel.com

Uang Panai’
Film ini  menceritakan tentang uang mahar sebelum menikah dari suku Bugis-Makassar atau bisa disebut dengan Uang Panai. Dalam film ini mengisahkan bagaimana perjuangan seorang laki-laki bernama Anca saat ingin meminang gadis Bugis-Makassar yang syaratnya harus menyanggupi sejumlah Uang Panai sampai ratusan juta.

Film Uang Panai’ ini bergenre komedi romantis ini merupakan film regional pertama yang menembus Box Office. Selain prestasi tadi yang menjadikan film ini adalah film terbaik 2016 karena aktor, aktris, dan tim kerja film ini hampir semuanya adalah talent lokal (Sulawesi Selatan). Dan hal ini membuktikan bahwa film yang baik itu tidak hanya ada di Jakarta tetapi juga bisa ada di daerah lain Indonesia.

Baca Tulisan Lain: Uang Panai (Memang) Mahal

 

Tulisan diikutkan dalam #Tantangan5 #KMKepo kelaskepo.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s