Percakapan dengan Semesta


“Bola dunia itu, Perusahaan Hindia Timur mengirimkannya ke Istana Pattingalloang Agung yang otaknya menyelidik ke mana-mana. Menganggap dunia seutuhnya terlalu kecil. Kami berharap tongkat kekuasaannya memanjang dan mencapai kutub yang satu dan yang lain. Agar keusuran waktu hanya melapukkan tembaga itu, bukan persahabatan kita.” Joost van den Vondel.Β 

snapseed

Buku Nirwan Ahmad Arsuka yang cukup tipis dengan jumlah 120 halaman ini hanya terdiri dari tiga bagian, tapi cukup menghabiskan lebih dari dua gelas kopi untuk menamatkannya. Di bagian pertama sesuai dengan judul bukunya PERCAKAPAN DENGAN SEMESTA yang merupakan Naskah Pidato Kebudayaan DKJ 2015.

Pada bagian ini, Nirwan Arsuka mencoba menyampaikan bagaimana sains dan teknologi memberikan pengaruh besar terhadap peradaban manusia, baik maupun buruk. Bagian kedua, membahas essai Sontag penulis buku on Photography. Bagian ini merupakan bagian yang cukup panjang (hampir setengah buku) membahas tentang teori fotografi, diskursus, batahan dan telaah ilmiah. Di bab ini pula pengetahuan baru akan gerak waktu dapat terhenti melalui citra foto. Saya sarankan untuk mempersiapkan kopi di dekat anda ketika membaca bagian ini.

Di bagian akhir diberi judul Pedang Β dan Dunia “Hero” Episode 2, Nirwan Arzuka mencoba membedah film ini yang bukan hanya sekadar film yang menampilkan tarung pedang dan silat tetapi di luar itu juga seperti politik, romansa, dan refleksi juga renungan pemeran di dalamnya. Akhir kata, walaupun buku ini tipis tetapi sangat padat akan vokabuler yang berat lengkap dengan teori dan rujukan buku yang menjadi referensi penulis.

Oh iya…. hasil penjualan buku yang diterbitkan oleh Penerbit Circa ini akan disumbangkan penuh untuk gerakan literasi PUSTAKA BERGERAK (Perahu Pustaka, Becak Pustaka, Noken Pustaka, Motor Pustaka, Bendi Pustaka) di mana Nirwan Arzuka menjadi inisiator gerakan ini dari Barat ke Timur Nusantara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s