MotoGP 2017 : Drama Sirkuit Losail, Qatar


Losail International Circuit ,Qatar menjadi sirkuti pertama penyelenggara MotoGP tahun 2017. Sirkuit satu-satunya dari  delapan belas sirkuit yang melangsungkan balapan pada malam hari. Itu disebabkan karena sirkuit ini berlokasi di dataran yang bersuhu panas di siang hari yang dikelilingi oleh gurun pasir seperti negeri-negeri yang berada di jazirah arab lainnya.

Putaran pertama di sirkuit ini dipenuhi dengan drama khusus untuk kelas MotoGP atau biasa juga disebut kelas Para Raja. Di mulai dari free practice pertama sampai ketiga, banyak pembalap yang mengalami  kecelakaan pada saat uji coba kuda besi mereka. Sampai drama sesi kualifikasi yang harus dibatalkan karena cuaca yang membahayakan para pembalap sehingga pada penentuan posisi pada garis start ditentukan dari akumulasi tercepat dari free practice pertama sampai ketiga. Adalah Maverick Vinales yang berhak pole position (posisi pertama). Pembalap dengan bernomor motor 25 ini, baru saja bergabung dengan tim Movistar Yamaha yang musim sebelumnya membela tim Suzuki.

Selain Vinales, ada beberapa pembalap yang berpindah tim yaitu Lorenzo yang sebelumnya setim bersama Rossi di Movistar Yamaha memberanikan diri mempertaruhkan karirnya ke tim Ducati. Iannone yang sebelumnya di Ducati pindah ke tim Suzuki. Selain perpindahan tim beberapa pembalap, banyak juga wajah baru di kelas Para Raja ini. Pembalap-pembalap yang sebelumnya di kelas Moto2 atau kasta kedua mengisi beberapa tim yang kosong karena ditinggal para ridernya. Dan juga munculnya tim-tim baru yang sebelumnya hanya didominasi oleh Yamaha, Honda, dan Ducati, terhitung dua pabrikan yang berani untuk mengeluarkan biaya yang super fantastik untuk kelas ini yaitu Aprilia dan KTM.

Untitled

Sumber Gambar: motogp.com

 

Kita lanjut drama yang terjadi dini hari tadi di Losail, Qatar. Selepas race kelas Moto2 selesai berlangsung, tiba saatnya kelas MotoGP untuk bersiap di grid star. Cuaca yang sebelumnya diperkirakan hujan ternyata terjadi selama warm up lap. Ini menyebabkan lintasan sirkuit menjadi lembab, penyelenggara MotoGP akhirnya memberhentikan sejenak balapan dan kembali ke grid awal. Alhasil balapan tertunda 45 menit, dan adanya potongan lap yang seharusnya 22 lap menjadi 20 lap.

Setelah tertunda 45 menit balapan dimulai kembali, Vinales yang berada di grid pertama harus kehilangan posisinya ketika start diambil oleh Johann Zarco yang baru memulai debutnya di kelas MotoGP, posisi kedua Andrea Iannone disusul oleh Marquez, dan Vinales harus menerima posisi kelima. Tapi sayang, Zarco dan Iannone tidak dapat mempertahankan posisinya sampai akhir balapan karena terjatuh. Posisi pertama pertama dan kedua berada pada Marquez (Repsol Honda) dan Dovizioso (Ducati), sedangkan The Doctor (Valentino Rossi) berada di posisi keempat. Malang menimpa Lorenzo didebut pertamanya di Ducati yang harus bertarung di posisi belakang.

Posisi ini tidak bertahan lama, sekira balapan menyisakan 10 putaran, motor Marquez seakan kehilangan tenaga yang dengan mudah disusul oleh Vinales dan Rossi. Dan Marquez harus menerima berada di posisi ke empat setelah di salip oleh kedua pembalap Movistar Yamaha ini. Mata tertuju pada pertarungan posisi pertama antara Dovizioso, Vinales, dan Rossi. Sepertinya pertarungan posisi ini milik para pembalap muda… hehehe. Kelihatan sekali Sang Pemegang Juara Dunia 9 kali (Rossi) sangat kewalahan mengimbangi kecepatan motor kedua pembalap di depannya.

motogp

Sumber Gambar: motogp.com

Ketika balapan menyisakan enam putaran, saling salip, bahasa kerennya overtaking yang indah dan penuh resiko diperlihatkan Vinales dan Dovi. Yamaha memiliki keunggulan di tikungan dengan akselerasinya dibandingkan Ducati, tetapi di Track lurus Ducati sangat sangat lebih unggul. Pertarungan posisi pertama akhirnya dimenangkan oleh Vinales dan Dovi harus menerima posisi kedua dan Rossi di posisi ketiga. Tidak ada pembalap Honda yang meraih podium dibalapan dini hari tadi, dan yang mendapat sorotan juga yaitu Jorge Lorenso pada musim ini membela Ducati hanya bisa finish di posisi 11.Hasil race Losail International Circuit tegok di sini.

Musim Baru, Tim baru, Pebalap Baru, sepertinya MotoGP 2017 akan semakin menarik dibalapan selanjutnya. Pertarungan World Champion akan semakin menarik, apakah Marquez, Vinales, Lorenso, atau kah Rossi? Jika saya ditanya pilih yang mana, yah… pastilah Si Besi Tua, Opa Rossi. hehehe

                                                                                                                                                                

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s